Diduga Bermasalah

16 WNA Digiring Petugas dari Hunian Mewah 

Petugas amankan WNA

TANGERANG--(KIBLATRIAU.COM)-- 16 Warga Negara Asing (WNA) dari berbagai negara, diamankan petugas gabungan Tim Pengawas Orang Asing (Timpora), yang melakukan razia dari 4 lokasi berbeda di Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang, Kamis (11/7). Kepala Kantor Imigrasi Tangerang, Herman Lukman menegaskan pengawasan terhadap orang asing di Tangerang ini, merupakan kegiatan rutin yang dilakukan untuk meningkatkan tertib keimigrasian."Saat ini kantor Imigrasi telah melakukan debirokratisasi, dalam memberikan kemudahan pelayanan keimigrasian berupa visa, izin tinggal, pengawasan dan sebagainya. Maka dengan operasi ini kita ingin WNA tertib," kata dia, Kamis 11 Juli 2019.

Dalam operasi yang dilakukan sejak pagi hingga sore ini, ada 11 WNA yang berasal dari Senegal, Nigeria dan Maldives."16 orang ini kita amankan dari tiga tempat berbeda, di kawasan permukiman di Apartemen di BSD 4 WNA dan kawasan kos-kosan Allogio, Sumarecon Serpong 7 WNA dan 5 WNA di Kabupaten Tangerang," ucapnya. Meski begitu, pihaknya mengaku belum melakukan pemeriksaan atas pelanggaran dari 16 WNA yang diamankan itu.

"Ini kita bawa dulu, akan diperiksa di kantor. Namun pada umumnya adalah overstay. Tadi sempat ada yang berusaha kabur hingga lari ke loteng, tapi 7 orang yang dari kos-kosan di Allogio bisa kami amankan. Ada yang kita dobrak juga kamarnya," jelas dia. Selanjutnya, apabila dalam pemeriksaan ditemukan sejumlah pelanggaran keimigrasian, para WNA tersebut akan dideportasi. "Kalau dia ada paspor namun ada pelanggaran keimigrasian, maka akan kita deportasi secara bertahap. Tapi kalau tidak akan kita hubungi melalui Kedutaan negara mereka, untuk dipulangkan," jelas dia.

Menurutnya, di Kota Tangerang, Timpora juga berhasil mengamankan 31 WNA, 10 diantaranya tanpa dokumen lengkap keimigrasian. "Sisanya dari 31 itu kita pulangkan secara bertahap," tandas dia. Sementara penghuni kos-kosan Allogio yang tidak mau disebutkan namanya, mengaku ada banyak WNA yang tinggal di kawasan kos-kosan tersebut. "Kalau WNA sepertinya asal Nigeria itu banyak, harusnya lebih dari 7 orang," tandas dia. Sementara keamanan Cluster Allogio Sumarecon Serpong, mengakui banyaknya WNA yang bermukim di tempat itu.

"Banyak, rata rata dari Nigeria , tadi tidak ada kordinasi ke kami, kalau ada kordinasi harusnya lebih dari itu (7 WNA). Bilangnya sih laporan warga," ucapnya. Petugas keamanan perumahan yang dijadikan kos-kosan ini mengaku, para WNA yang mengekos di kawasan itu, menempati kamar kos di kawasan tersebut, melalui aplikasi online."Mereka mesan online, jadi kita enggak tahu mereka siapa, dari mana," ucapnya.Selain mengamankan 16 WNA ilegal tersebut, petugas juga menyita 4 dokumen paspor dan belasan laptop yang diduga digunakan para WNA untuk kejahatan dunia maya.(Net/Hen)
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar